Nov 30, 2011

Perintah install aplikasi di terminal (Ubuntu 10.04)

Aplikasi berbasis terminal untuk menginstall aplikasi di Ubuntu kita kenal dengan nama apt-get.
Langkah-langkah menginstall aplikasi lewat terminal menggunakan apt-get: 

Langkah 1

Buka terminal. Ketik ‘sudo nano /etc/apt/sources.list‘. Selanjutnya, hilangkan semua baris yang ada tulisan ‘deb‘ di depannya. Yang ada tanda ‘#’ di depannya tidak perlu dihapus.

Catatan: untuk mengadakan perubahan pada file sistem atau menjalankan aplikasi yang bersifat kritis di Ubuntu, kita harus menggunakan perintah sudo, yang artinya kita menjalankan perintah tersebut sebagai root (administrator pada windows), demi menjaga keamanan sistem.

Langkah 2

Ketikkan baris ini pada bagian paling atas:

deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu lucid main multiverse restricted universe

Kemudian tekan tombol Ctrl+X, diikuti tombol Y, dan tekan enter untuk mengakhirinya. Bila Anda menggunakan Ubuntu 10.10, ganti tulisan lucid di atas menjadi maverick. Langkah ini berguna untuk mengeset dari situs mana aplikasi-aplikasi itu akan kita ambil.Bila paket Anda berada di CD/DVD, ketik ‘sudo apt-cdrom add‘ tanpa tanda kutip, masukkan CD/DVD pertama, tekan enter. Ulangi untuk CD/DVD berikutnya.

Langkah 3

Setelah itu, kita update database paket/aplikasi dengan data paket terbaru dari sumber yang telah kita masukkan di atas:
ketik ‘sudo apt-get update‘ tanpa tanda kutip.

Langkah 4

Setelah itu, kita tinggal mengetikkan ‘sudo apt-get [nama_paket]‘ tanpa tanda kutip. [nama paket] adalah nama aplikasi yang ingin kita install.

Langkah 5

Sekarang coba ketik ‘sudo apt-get htop‘, yang akan menginstall paket bernama htop (task manager di linux seperti top, tapi berwarna). Setelah selesai, di terminal yang sama, ketikkan ‘htop‘ tanpa tanda kutip. Untuk selesainya, tekan tombol ‘Q‘ pada keyboard.

Catatan: Bila Anda tidak tahu paket apa yang ingin diinstall, tapi tahu deskripsi/kategori paket tersebut, Anda bisa melakukan pencarian dengan perintah ‘sudo apt-cache search [deskripsi/kategori]‘, yang akan mencari daftar paket di database kita berdasarkan kategori/ deskripsi yang kita berikan. Contoh: ‘sudo apt-cache search vector-based‘.

sumber : http://news.palcomtech.com/2011/03/instalasi-aplikasi-pada-ubuntu-menggunakan-terminal/

No comments:

Post a Comment